10 Karnaval spektakuler dunia

 

Umat Kristen biasanya merayakan masa pra-paskah dengan menggelar karnaval 40 hari sebelum paskah. Karnaval pada masa pra-paskah tersebut diadakan oleh beberapa negara di seluruh dunia, meski ada juga negara-negara yang melangsungkan karnaval untuk perayaan lain.

Jika Anda tertarik untuk melihat parade kostum dan musik yang berarak di sepanjang jalan, Anda bisa menjadikan daftar 10 karnaval spektakuler dunia yang dikutip dari Reuters berikut ini sebagai rekomendasi tujuan tempat berlibur Anda.

Karnaval Mardi Gras Lousiana
Salah satu karnaval Mardi Gras yang paling megah diadakan di New Orleans, Lousiana, Amerika Serikat. Ribuan turis dari berbagai negara berbondong-bondong menyaksikan parade pesta terbesar di sini. Mardi Gras yang paling megah biasanya dirayakan pada Sabtu (Endymion), Minggu (Bacchus), Senin (Orpheus), Selasa pagi (Zulu) dan Selasa malam (Rex) sesuai dengan perhitungan Tahun Liturgi.

Karnaval Binche
Sesuai namanya, karnaval Binche diadakan di Binche, Belgia. Karnaval Binche khas dengan Gilles, tontonan pria bertopeng mirip badut dan memakai kostum warna-warni yang menari di sepanjang kota selama berjam-jam. Jika seorang pria mendapat kesempatan untuk melakukan Gilles di hari Selasa Gemuk (Tuesday Shrove), maka hal tersebut akan menjadi sebuah kehormatan baginya.

Karnaval Trinidad dan Tobago
Karnaval di Republik Trinidad dan Tobago identik dengan perlombaan band secara individu yang kemudian pemenangnya bergabung dalam Calypso Monarch, salah satu penghormatan terbesar di negara. Sepanjang hari Senin dan Selasa sebelum Rabu Abu (Wednesday Ash), orang-orang berdatangan untuk menyaksikan karnaval di sepanjang jalan utama Trinidad dan Tobago.

Karnaval Brazil
Konon karnaval di Brazil merupakan karnaval termegah di dunia. Pengunjung yang datang bisa mencapai 5 juta orang tiap tahunnya. Parade yang diadakan biasanya berupa pertunjukan samba dan tari lainnya. Ada pula perlombaan yang dibedakan menjadi 7 divisi berdasarkan musik, kostum, dan tema yang dipakai.

Karnaval Mardi Gras Sydney
Berbeda dengan Mardi Gras di Lousiana, karnaval Mardi Gras di Sydney, Australia, ini diadakan bukan pada masa pra-paskah. Mardi Gras Sydney pun diselenggarakan untuk mendukung kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender). Mardi Gras juga populer dengan nama Sydney Gay and Lesbian Mardi Gras.

Karnaval Notting Hill
Karnaval Notting Hill diadakan di London, Inggris, pada bulan Agustus setiap tahunnya. Notting Hill disebut-sebut sebagai parade musik dan kostum terbesar kedua setelah karnaval Rio de Janeiro, Brazil. Meski London di tahun 2012 juga menyelenggarakan olimpiade, namun masyarakat tetap antusias mempersiapkan karnaval. Selama karnaval, jalanan akan terlihat penuh sesak dan ramai karena membludaknya pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Karnaval musim dingin Quebec
Setiap bulan Februari, atau dimana musim dingin mencapai puncaknya, warga Quebec mengadakan karnaval musim dingin. Berbagai perlombaan seperti snowboard, dog sledding, dan membuat ukiran dari salju pun digelar selama karnaval. Seperti karnaval pra-paskah lainnya, karnaval musim dingin di Quebec, Kanada, ini juga menggelar parade di siang dan malam hari sebagai acara puncak dari perayaan karnaval.

Karnaval Venice
Pada 40 hari sebelum paskah, ribuan pengunjung berduyun-duyun ke Venice dengan menggunakan topeng unik. Mereka sengaja memperlihatkan topeng mereka di khalayak umum, dengan demikian kesenjangan sosial pun tidak tampak antara satu dengan yang lain. Para desainer dari berbagai penjuru dunia juga turut meramaikan karnaval dan bertindak sebagai juri untuk menentukan ‘la maschera piu bella’ atau pemakai topeng terbaik. Selain itu, ada pula parade Flight of the Angel yang diselenggarakan di sepanjang jalan di kota.

Karnaval Mardi Gras Florida
Karnaval Mardi Gras di Florida tepatnya diadakan di Studio Universal, Orlando, Florida, Amerika Serikat. Pihak Studio Universal mampu membuat sebuah karnaval yang tidak kalah spektakuler dengan Mardi Gras di daerah lainnya. Selama dua bulan di setiap hari Sabtu atau malam-malam tertentu, taman Studio Universal selalu menyediakan acara hiburan yang menarik dan kuliner lezat. Mereka bahkan sering mengundang para penyanyi Hollywood papan atas seperti Kelly Clarkson untuk ikut meramaikan acara.

Karnaval Montevideo
Karnaval spektakuler dunia terakhir adalah karnaval di Montevideo, Uruguay, yang dikenal sebagai perayaan karnaval terlama di dunia. Selama 40 hari berturut-turut setiap tahunnya, karnaval Montevideo menyajikan parade teater dan opera yang disebut juga dengan tablados. Festival musik yang khas akan bunyi drum dikenal dengan candombe pun ikut meramaikan suasana karnaval Montevideo.

Di antara 10 karnaval spektakuler dunia tersebut di atas, karnaval apa yang paling ingin Anda tonton?

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online