Apple Watch diklaim mampu deteksi diabetes

Apple Watch telah lama jadi aksesoris yang tak cuma canggih dan elegan, namun juga mengusung fitur yang bermanfaat bagi kesehatan. Sudah banyak kasus di mana berbagai penyakit seperti penyakit jantung, bisa terdeteksi lebih awal karena rekam yang dilakukan Apple Watch.

Bahkan menurut studi terbaru dari founder dari Cardiogram yakni Brandon Ballinger yang dikutip Techcrunch, Apple Watch dapat mendeteksi diabetes pada penderitanya dengan akurasi 85 persen.

Studi ini merupakan bagian dari proyek studi Deep Heart yang dihelat oleh Cardiogram dan UCSF yang menggunakan data dari 14.000 pengguna Apple Watch. Dari data tersebut, Apple Watch dapat mendetaksi bahwa 462 di antaranya menderita diabetes, terdeteksi dari sensor denyut jantung dalam perangkat jam tangan canggih tersebut.

Hal ini memang masuk akal terjadi. Menurut Framingham Heart Study, denyut jantung istirahat serta denyut jantung dalam variabilitas tertentu bisa memprediksi diabetes dan hipertensi.

Menurut Ballinger dan rekan-rekannya dalam meneliti Apple Watch, jam tangan ini mampu mendeteksi irama jantung yang abnormal dengan akurasi 97 persen, gangguan pernapasan tidur atau sleep apnea dengan akurasi 90 persen, diabetes dengan akurasi 85 persen, serta hipertensi dengan akurasi 82 persen.

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online