Usai Luncurkan Pesaing Innova, Wuling Siapkan Mobil Listrik E100, Harganya Hanya Rp 71,5 Juta

Setelah melepas kompetitor Innova, Wuling Cortez, sudah mempersiapkan langkah selanjutnya untuk masuk ke pasar otomotif nasional.

Wuling sudah mempersiapkan peluncuran Cortez 1.5 dan mobil listrik E100 yang sudah dipasarkan di negara asalnya.

E100 yang hadir pada 2017 punya dimensi kecil yang hanya muat dua orang.

Di negara asalnya, E100 dibanderol 35.800 Yuan atau sekitar Rp 71,5 juta.

Meski dimensi E100 kecil, namun mobil ini dipersenjatai dengan motor listrik tunggal yang mampu memberikan tenaga 38dk dan torsi 110 Nm.

Berbekal motor listrik tersebut, mobil dapat melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam.

Sementara untuk jarak tempuhnya, baterai lithium-ion yang digunakan saat terisi penuh bisa menempuh jarak 155 km.

Untuk piranti keselamatannya, mobil listrik ini dibekali electronic brakeforce distribution (EBD) dan anti-lock braking system (ABS).

Namun, seperti disampaikan Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), mereka masih menunggu kepastian soal pasar dan juga dukungan pemerintah terkait regulasin, maupun infrastruktur sebagai penunjang.

“Kalau kami di China sudah ada E100 untuk mobil listrik. Namun, kami lihat terlebih dahulu pasar Indonesia, seperti apa permintaannya, kemudian infrastrukturnya apakah sudah ready,” ujar Dian, Kamis (8/2/2018).

“Kalau memang akhirnya masyarakat menghendaki pasar listrik ke depannya, kami sebenarnya sudah siap, kami sudah memilikinya di China E100,” kata Dian.

Wuling Baojun E100.

Wuling Baojun E100.(Jalopnik)

Terseret isu global soal upaya perbaikan lingkungan dan melepas ketergantungan akan bahan bakar fosil, menggerakkan industri otomotif untuk mengubah “budaya”, demi bisa memanfaatkan energi baru, seperti hybrid dan listrik.

Beberapa negara bahkan sudah lebih dari sekedar mengetatkan regulasi emisi kendaraan, yaitu dengan melarang mobil berbahan bakar bensin ada di jalan tertentu. Lebih dari itu, sudah ada yang siap melahirkan kebijakan melarang mobil konvensional dijual.

Indonesia sendiri, sedang mencoba berjalan ke arah sana dengan melahirkan Peraturan Presiden Nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), yang akan diteruskan dengan Perpres Kendaraan Listrik dan aturan soal Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang diinisiasi Kementerian Perindustrian.

Wuling Cortez 1.5

Wuling Cortez yang resmi dijual di pasar otomotif nasional, punya mesin 1.8-liter. Multi Purpose Vehicle (MPV) pesaing Toyota Innova itu punya banderol cukup kompetitif, yakni mulai Rp 218 juta hingga Rp 264 juta.

Selain itu, Cortez juga punya pilihan mesin yang lebih kecil, yaitu 1.5-liter. Bahkan, sudah tertera di situs resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, Brand Manager SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) Dian Asmahani, masih belum mau terbuka. Menurut dia, sekarang ini fokus ke Cortez 1.8-liter.

“Kita sudah punya rencana, tetapi untuk bulan dan kuarter berapa masih belum tahu,” ujar Dian usai peluncuran Cortez di wilayah Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Dian melanjutkan, bukannya Wuling tidak mau meluncurkan mesin 1.5-liter dan 1.8-liter secara bersamaan, tetapi karena merek baru jadi harus dilakukan secara bertahap.

Mesin Wuling Cortez.
Mesin Wuling Cortez.(Istimewa)

“Kita baru 2017 di Indonesia dengan menjual Confero. Jadi kita lakukan langkah perlahan-lahan dulu. Paling penting sudah masuk dalam rencana kita,” ujar Dian.

Cortez mesin 1,5-liter di China dilengkapi turbocharged dan transmisi otomatis enam percepatan. Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga 110 kw dan torsi maksimum 230 Nm.

 

 

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online