‘Wajah’ Baru Si Raja Jalanan

Layaknya gawai, tren dunia otomotif setiap tahunnya juga berubah. Para insinyur di pabrikan mobil dan motor harus terus-menerus memutar otak, demi bisa menciptakan produk yang laris di pasaran.

Salah satu contohnya adalah bentuk kendaraan. Jika dahulu mobil hanya tersedia dalam beberapa model saja, kini jumlahnya semakin beragam.

Bahkan, desainer tidak segan-segan mencampur dua bentuk berbeda menjadi satu model baru. Seperti yang dilakukan pada segmen sport utility vehicle atau SUV.

Karena kebutuhan akan model tersebut mulai berkurang akibat pergeseran tren, maka desainer menambahkan unsur sedan. Inilah awal mula terciptanya model crossover, yakni mobil berpenampilan SUV yang memiliki kenyamanan layaknya sedan.

Hal tidak jauh berbeda dilakukan salah satu pabrikan mobil asal Jepang di Indonesia, Mitsubishi. Pabrikan berlogo tiga berlian ini menghadirkan Xpander, sebuah mobil keluarga yang masuk dalam segmen multi purpose vehicle atau MPV.

Berbeda dari pabrikan lainnya, Mitsubishi menambahkan unsur SUV pada Xpander, sehingga tampilannya menjadi gagah. Langkah Mitsubishi tersebut ternyata tidak sia-sia. Saat awal peluncuran, ribuan konsumen melakukan pemesanan.

Bahkan, kini antreannya sudah mencapai 50 ribu unit. Sementara, kapasitas produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat hanya ribuan unit saja per bulan.

“Kami sekarang produksi Xpander sudah mencapai 7.000 unit per bulan,” kata Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwan Kuncoro beberapa waktu lalu.

Perjalanan Mitsubishi Xpander ke Bandar Lampung.

Mitsubishi Xpander

Tingginya animo masyarakat akan Xpander membuktikan bahwa orang Indonesia sangat tertarik dengan mobil model baru. Mereka bosan dengan MPV yang begitu-begitu saja bentuknya.

Meski demikian, bukan berarti ada pergeseran konsumen dari MPV ke SUV. Data dari asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, pangsa pasar MPV di 2017 sebesar 32 persen. Sementara, SUV hanya 15 persen.

Hal tersebut juga diungkapkan Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto. Berdasarkan riset yang telah dilakukan Toyota, pasar mobil keluarga bakal terus tumbuh.

“Segmen yang bakal tumbuh MPV. Low MPV bakal naik, karena pemainnya bertambah. Kemudian, medium MPV akan stabil. SUV juga akan tumbuh di 2018. Medium SUV, akan ada kenaikan sedikit,” tuturnya.

 

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online